Jenis Penyakit

[Jenis Penyakit][twocolumns]

Alat Kesehatan & Kecantikan

[Alat Kesehatan & Kecantikan][twocolumns]

Herbal Kecantikan

[Herbal Kecantikan][twocolumns]

BEST SELLER PRODUCT

[Best Seller][bsummary]

Kesehatan & Kecantikan

[Kesehatan & Kecantikan][twocolumns]

Herbal Kesehatan

[Herbal Kesehatan][twocolumns]

Diet

[Diet][bleft]

Video

[Video][twocolumns]

Pengobatan Tradisional China

Pengobatan Tradisional China
Pengobatan Tradisional China - Di dalam dunia kesehatan, khususnya menurut anggapan para praktisi kesehatan di dunia Barat, Pengobatan Tradisional China dianggap sebagai pengobatan alternatif. Pengobatan tradisional merupakan bentuk intervensi terapi yang tidak invasif, berakar dari kepercayaan kuno, termasuk di dalamnya konsep kepercayaan kuno. Pada abd ke-19, para praktisi pengobatan tradisional ini masih memiliki pengetahuan yang terbatas mengenai penyakit infeksi, dan pemahaman ilmu kedokteran Barat seperti biokimia. Mereka menggunakan teori-teori yang telah berumur ribuan tahun yang didasarkan pengalaman dan pengamatan serta sebuah sistem prosedur yang menjadi dasar pengobatan dan diagnosis. Pengobatan Tradisional China ini digolongkan dalam kedokteran Timur, yang mana termasuk pengobatan tradisional Asia Timur lainnya seperti Kampo (Jepang) dan Korea.

Ketika bicara tentang pengobatan yang alami, akhirnya orang melihat ke dunia Timur (Asia), terutama CHINA. China secara konsisten mengembangkan pengobatan alami sejak 5000 tahun yang lalu, dan tetap menjadi kiblat dalam pencarian menuju gaya hidup sehat yang alami. Inti metode pengobatan Tradisional adalah menitikberatkan pada keseimbangan fungsi organ-organ tubuh berdasarkan pengetahuan warisan leluhur Bangsa China.

Sejarah Pengobatan China / kedokteran China bermula sejak 5000 tahun yang lalu di daerah aliran sungai Kuning dimana telah mengalami suatu proses panjang dalam perkembangannya dari zaman ke zaman dan mulai dibukukan sekitar 2500 tahun yang lalu yang di kenal dengan “The Yellow Emperor’s Classics of Internal Medicine”.

Metode penyembuhan china pada awalnya adalah untuk memenuhi kebutuhan pengobatan para Kaisar di China. Sebelum obat diberikan kepada Kaisar, obat harus diuji coba terlebih dahulu langsung pada tubuh manusia (bukan pada hewan). Bila obat yang telah menjalankan uji coba tersebut ternyata terbukti mampu untuk menyembuhkan, barulah diberikan kepada Kaisar dan selanjutnya di catat untuk penggunaan di masa mendatang.

Satu hal dalam teknik pengobatan China adalah: tubuh manusia dilihat sebagai sebuah system yang saling berinteraksi, baik antara organ tubuh maupun dengan alam. Dalam interaksi tersebut keseimbangan antara manusia, lingkungannya, dan alam semesta menjadi sangat penting. Bila terjadi harmoni dalam interaksi itu maka terdapat kesehatan, sebaliknya ketidakharmonisan akan mendatangkan penyakit.

Pada pengobatan modern setiap penyakit diberikan obat/terapi untuk melawan kuman/penyebab penyakit tersebut, sementara pengobatan China lebih mengutamakan membangun keseimbangan tubuh sehingga tubuh akan mampu melawan penyakit dengan sendirinya. Dalam pengobatan China, untuk menyembuhkan satu penyakit kita harus menormalkan organ-organ terkait, sehingga yang terjadi adalah menyembuhkan satu penyakit dengan menyembuhkan penyakit/keluhan yang lain, bukan sebaliknya, menyembuhkan satu penyakit tapi berkomplikasi ke penyakit lain.

Di dalam sistem Pengobatan Tradisional China, terdapat 5 elemen kesehatan (Elements of Wellness), kelima elemen dasar ini merupakan elemen keseimbangan. Berdasarkan Pengobatan Tradisional China (Traditional Chinese Medicine / TCM) Kesehatan Tubuh, mental dan emosional di pengaruhi oleh keseimbangan dari 5 elemen dasar, yaitu elemen Kayu, Api, Tanah, Logam dan air.

Berikut ini adalah tabel dimana kelima elemen mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang:
  • Kayu: Liver (Yin), Urat Liver (Yang), Mata, Tendon, Marah (Emosi) dan Teriakan (Suara)
  • Api: Penciuman, Jantung (Yin), Usus Halus (Yang), Lidah, Kebencian (Emosi), Tawa (Suara)
  • Tanah: Empedu (Yin), Lambung (Yang), Mulut, Urat-urat, Pensive (Emosi), Nyanyian (Suara)
  • Logam: Paru-paru (Yin), Usus Besar (Yang), Hidung, Kulit, Sedih (Emosi), Tangis (Suara)
  • Air: Ginjal (Yin), Bladder (Yang) Telinga, Takut (Emosi), Groan (suara)
Dengan menyelaraskan kelima unsur tersebut maka tubuh berada pada kondisi optimal, sehingga tubuh siap menghadapi berbagai serangan penyakit. Karenanya keseimbangan antara manusia dan lingkungannya menjadi sangat penting. Bila terjadi harmoni dalam interaksi itu maka terdapat kesehatan, sebaliknya ketidakharmonisan akan mendatangkan penyakit.

Info Produk Herbal Halal BPOM, silahkan hubungi:
WA: 085710299177
LINE: @TQH3001H
http://www.AnindhaShop.com

Tag:
Pengobatan Tradisional China, pengobatan sinshe, buku pengobatan tradisional china, metode pengobatan, pengobatan tradisional china bagi penyakit diabetes, transfer energi pengobatan tradisional china.

Artikel Info Kesehatan sebelumnya di Info Kesehatan Keluarga:
Cara Mengatasi Ejakulasi Dini